Show Mobile Navigation

Artikel Terkini

Berlangganan Artikel Kuljar Via Email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tukar Link




Blog Tanaman Obat

tea-and-healthy
PT Kipti
Mocafi

Kultur-ITB


Kumpulan Bisnis Online

Qittun Blog

Ningtyas Indri
MyLearningdays
Emilia SP
Knowvie

AL-ZAHRA Indonesia
Pamulang.Net

caissonlabs.com


Direktori Website Indonesia



dir.web.id


blogguebo

Free Submit Directory

engineeredpoetry
Kolom-Tutorial - Kang Rohman
arlina100
maseko.com
Math and Me
Waroeng Betawi
Keluarga Olie Anwar
heniodori
AL-ZAHRA Indonesia
Susilo
Rudy H. SMK Kuningan
BASKORO ADI PRAYITNO
Almadury Ngeblog
dadaptree.com
hakimtea.com
Pamulang.net
viladago.blogsome.com
DEPDIKNAS
JARDIKNAS.ORG
::Blogger DIKNAS Banten::
::Blogger JARDIKNAS::
Blog-Indonesia
Khomsurizal - MEDIA BANTEN
SUNDAPOST
poetramahardika
Hera-ku
Bunda Cantik Azra
mybiz-mymoney
Herry-08
Fajar Kencana
Jendela Hati
pojokguru.com
Bawean Termenung
Kesehatan membawa Barokah-Buyay
nakatsu-senpai -What I Like? I like
Agungosx
Azies.Co.Cc
net'blog - IFAT
Aku dan Duniaku
Kris - TIPS dan TRICK
Islamic-Oase, Mursalin Maroko
Final Fantasy Planet
Jendelahati
Sehatbarokah
Marsudiyanto
Paddi99
bloggeraddicter
Blogger-Pesta
River Maya
Raja Pribumi
Infoku
Practical Blogging - Robyn Tippins
Gaming and Tech - Robyn Tippins
a Healthy Balance - Robyn Tippins
budhe Fakhrun
SmartAlzind - Al-Zahra
Firmansyah AL-Zahra
Bu Ety - Al-Zahra
Amalia Savira - Al-Zahra
Suci Hamidahsyari - Al-Zahra
Delina -Bakos Al-Zahra
Bunda Ririe
Muditayasa
CORETANKU - Hamidz
Informasi Computer & Internet - TITO
Pit and Put - Saefudin Amsa
Tamsil Islami - Orenk's Blog
Kula Gotra Pasek Trunyan, Desa Tamblang
adiWidget - Blog
herveendoank - Tips & Trik Komputer
defantri - Mathholic
Kumagcow
Khalid Mustafa.info
Gatot HP 2000
Karbazon
rachordbilly-raka
Palembang Daily Photo
selinatankersley
Wahyubmw
deafiyanti -Serua, Ciputat
Lawak Jenaka
Panduan Guru-Guru Malaysia
lawak-jenaka
Kumpulan Bisnis Online
cahaya-cahayaku
The Path of Successfull Life -irma14
Remixmax
Humorbendol
www.jakartateachers.com
dppfgii
SuccessFulteaching
Blog GenerateFreeTraffic OnlineMoney
Wong Deso Dan Bodoh Yang Lagi Belajar Mencari Ilmu
Gadget Information
Serpong.org
onestopadvertising-itsolution
awan-smith

maskwarta.blogspot

bas-rul

muhammad-rifqi

googleadsensemania

Komuntas Bogger Banten

Smart Money
Karbazon
lifestyleguide.us
zilafima
slam.co.nr
Tinung Indosat
Maskwarta
Gatot HP
Red Secret Diary
Mas Wigrantoro Roes Setiadi
Ignition Start
fatihsyuhud
nenen.bravejournal
riasmaja
rflowers.wordpress
thobingsunarya
Budiawan-Hutasoit
Masyarakat Telematika
World TV PC
best-voip-service.info
judotenslab
BLOGPOP Org
addwebsitefree
Evelin Avimar
Aliwarto Golekbolo
http://umbultech.com/
Amalkann Nasution
Putri Adrian
jeunellefoster
Telecommunication Stuff
sound-gear.info
quickblogdirectory
Fairu.com >> Website Directory
Are You INTO TECHnology?
Dmegs Web Directory
hampshire shop property
Blog Directory
lancashire business for sale
Free Blog Directory
MyBlog2u.com - Blog Directory

Blogoriffic.com
bloghop.com
Blog Search Engine
dir.web.id

felixsdp

Page Rank Checker
Computer, Software and Internet
tikabanget.com
Ndoro Kakung
estamosdeacuerdo.org
amsatprovider
Kamus Tradisional

Cordis.europa.eu

Dunia Komputer

Langit-langit.com

Lagu Enak

trubus-online.co.id

Candi Orchid

Anggrek Org


* Desi Damayanti
* Tabita
* Desi Damayanti Skin Care
* Tabita Skincare
* Info Tabita Skincare Asli
* Facebook Tabita Skincare Desidamayanti

27 April 2010

, , , ,

Teknik Budidaya Anggrek Hitam (Coelogyne pandurata. Lindl 1853)

Esha Flora - Tuesday, April 27, 2010
RINGKASAN: M. FIRDAUS E 08399036. Teknik Budidaya Anggrek Hitam (Coelogyne pandurata. Lindl 1853), dibawah bimbinqan Ir. Edhi Sandra, MSi.

Keanekaragaman hayati. yang terhimpun dalam berbagai tipe ekosistem hutan merupakan kekayaan alam Indonesia, yang pemanfaatannya telah mengalami sejarah yang panjang sebagai bagian dari kebudayaan dan penunjang perekonomian bangsa. Dewasa ini diperkirakan terdapat 5000 jenis anggrek alam yang hidup di Indonesia. Tingginya tingkat keanekaragaman jenis anggrek akan tenus berkurang dengan adanya pengrusakan hutan sebagai habitat alami anggrek dan eksploitasi hasil hutan non kayu, khususnya anggrek yang berlebihan sehingga menyebabkan beberapa jenis anggrek alam terancam punah, diantaranya anggrek hitam (Coelogyne pandurata, Lindl). Selain kegiatan konversi habitat anggrek hitam, kelangkaan anggrek hitam disebabkan oleh karena tingkat regenerasi yang sangat terbatas sehingga perbanyakan anggrek hitam di alam terancam kelestariannya.

Kegiatan tugas akhir dilakukan di Taman Anggrek Indonesia Permai dan Unit Kultur Jaringan Laboraturium Konservasi Tumbuhan Jurusan Konservasi Sumberdaya Hutan Fakultas Kehutanan IPB. Kegiatan yang dilakukan meliputi penanaman, pemeliharaan dan perbanyakan tanaman.

Penanaman anggrek hitam meliputi kegiatan pemindahan bibit botolan, pemindahan bibit kompot dan memindahtanamkan anggrek dewasa. Pemindahan bibit botolan dilakukan setelah bibit menyentuh botol. Langkah-Iangkah pemindahan bibit botolan yaitu, pengisian air kedalam botol dan dikoeok, mengeluarkan bibit dari botol, dicuci hingga bersih dan direndam dalam larutan fungisida selanjutnya ditanam pada media. Pemindahan bibit kompot secara tunggal pada pot individu setelah bibit meneapai tinggi 5 em atau lebih kedalam media tanam berupa peeahan batu bata, genting, pakis, arang dan sabut kelapa. Anggrek dewasa dapat ditanam pada pot seperti media kompot atau dapat juga ditanam pada potongan kayu, blok pakis dan batang pohon.

Pemeliharaan anggrek alam pada umumnya sama dengan anggrek budidaya pada umumnya yaitu pemupukan, penyiraman, pengaturan cahaya dan temperatur serta pengendalian hama dan penyakit. Pemupukan anggrek muda supaya pertumbuhannya lebih baik dan cepat diberikan pupuk dengan perbandingan unsur N yang lebih tinggl misalnya Vitabloom 30 :10 :10, Untuk mempercepat anggrek berbunga maka diberikan pupuk dengan perbandingan P yanglebih tinggi dan untuk menjaga keseimbangan pertumbuhan pupuk yang diberikan dengan perbandingan N, P dan K yang seimbang.

Penyiraman anggrek sebaiknya dilakukan dengan menggunakan semprotan sehingga tidak menghanyutkan media tumbuh atau merusak batang dan bunga. Waktu penyiraman yang baik dan benar yaitu berada diantara kedua titik ekstrim (titik kekurangan air dan kelebihan air). Kebutuhan tanaman anggrek akan cahaya tergantung dari intensitasnya yaitu 50-60 % dan lama penyinaran 8-10 jam perhari. Temperatur yang dapat mendukung anggrek hitam dapat berkemban~ dengan baik yaitu 27 _30°C pada siang hari dan pada malam hari berkisar 20-24°C.

Timbulnya serangan hama antara lain disebabkan oleh faktor iklim (salah satu penunjang berbiaknya hama dan penyakit) dan faktor biologis (kemampuan hewan dan jasad renik untuk berkembangbiak). Hama yang biasa menyerang anggrek hitam adalah keong, semut, belalang dan kumbang gajah. Sedangkan penyakit tanaman anggrek disebabkan oleh cendawan, bakteri maupun virus. Beberapa jenis penyakit yang sering dijumpai pada anggrek hitam adalah penyakit buluk, penyakit busuk akar, penyakit layu dan penyakit bercak bercincin. Jenis-jenis hama tersebut dapat dikendalikan dengan cara mekanis maupun kimia.

Pengendalian secara mekanis dilakukan dengan cara mengambil dan membunuh hama yang terlihat, sedangkan cara kimia dengan menggunakan pestisida. Pengendalian serangan penyakit dapat dilakukan dengan menggunakan pestisida yang disebabkan serangan jamur dan bakteri, sedangkan penyakit yang disebabkan virus tidak dapat disembuhkan dengan obat, penyakit ini hanya dapat dikendalikan dengan pencegahan yakni dengan menbuang bagian tanaman yang sakit serta mensterilkan semua alat-alat potong yang digunakan untuk merawat tanaman anggrek. Macam-macam pestisida yang digunakan dalam pengobatan dan pengendalian hama dan penyakit tanaman anggrek.

Perbanyakan tanaman anggrek dapat dilakukan dengan cara perbanyakan secara generatif dan vegetatif. Perbanyakan generatif merupakan perbanyakan yang umum dialami oleh semua organisme. Pada tanaman anggrek untuk penyerbukan bunga dapat diambil dari tepung sari dari bung a itu sendiri atau dapat juga dari bunga tanaman lain. Kadang-kadang setelah satu bunga diserbuki tetapi tidak diperoleh buah dan biji yang diharapkan, hal ini dapat disebabkan karena lemahnya tepung sari dari bunga tersebut sehingga tidak dapat tumbuh dan membuahi sel telur. Ada juga kegagalan yang disebabkan ketidakcocokan antara tepung sari dengan cairan yang ada di kepala putik atau dengan sel telurnya yang disebut dengan self incompatibility.

Perbanyakan vegetatif pada anggrek hitam dapat dilakukan dengan cara splitting, keiki dan kultur jaringan. Splitting dilakukan dengan cara membagi tanaman menjadi individu baru dan ditanam dalam pot yang berlainan. Keiki merupakan tanaman yang sering dijumpai tumbuh pada atau keluar dari

buku tanaman dewasa. Keiki ini dapat membentuk akar sehingga merupakan suatu individu yang terpisah. Setelah akar cukup banyak keiki dapat dipisahkan dari induknya dan ditanam didalam pot.

Perbanyakan dengan metode kultur jaringan membutuhkan sarana laboraturium yang terdiri dari beberapa ruangan yang dalam setiap kegiatan harus dalam keadaan steril. Untuk memudahkan pekerjaan dalam kegiatan kultur jaringan dilakukan pembuatan larutan stok media berupa unsur makro, mikro, vitamin, myo-inositol dan larutan stok zat pengatur tumbuh seperti auksin, sitokinin dan giberrelin. Media tanam kultur jaringan dapat berupa cair atau padat, pembuatan media tanam dapat dilakukan dengan pencampuran larutan stok yang telah disediakan ditambahkan dengan gula dan agar-agar.

Media yang sudah jadi perlu disterilisasikan untuk membunuh bakteri. Persiapan penanaman meliputi sterilisasi alat di autoclave selama 1 jam dengan tekanan 20 psi, alat-alat yang telah disterilkan dimasukkan kedalam laminar air flow cabinet yang telah disemprot dengan alkohol atau disterilkan dengan penyinaran ultra violet.

Bahan tanaman yang dapat digunakan sebagai eksplan berupa pucuk, meristem, daun muda, tunas muda dan bunga. Bahan eksplan disterilisasikan dengan perendaman kedalam HgCI dan clorox kemudian dibilas dan ditanam. Eksplan anggrek ditanam pada media cair, kultur cair tidak dapat diletakkan dalam keadaan diam secara terus menerus karena eksplan akan mati bila lerus didiamkan. Kultur yang telah tertutup rapat didalam botol harus diletakkan pad a shaker, dan dikocok terus menerus yang diletakkan pada suhu kamar sekitar 25° C. Eksplan yang ditanam pada media tersebut masih membentuk sel yang tidak dapat dibedakan. Supaya sel yang seragam tersebut dapat tumbuh menjadi jaringan yang dapat dibedakan, perlu dilakukan penambahan hormon tanaman tertentu seperti auksin, sitokinin alau gibberellin.


Bookmark and Share