Show Mobile Navigation

Artikel Terkini

Berlangganan Artikel Kuljar Via Email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Pendaftaran

Tukar Link



Sekolah Paket- A-B-C


Blog Tanaman Obat

tea-and-healthy
PT Kipti
Mocafi

Kultur-ITB


Kumpulan Bisnis Online

Qittun Blog

Ningtyas Indri
MyLearningdays
Emilia SP
Knowvie

AL-ZAHRA Indonesia
Pamulang.Net

caissonlabs.com


Direktori Website Indonesia



dir.web.id


blogguebo

Free Submit Directory

engineeredpoetry
Kolom-Tutorial - Kang Rohman
arlina100
maseko.com
Math and Me
Waroeng Betawi
Keluarga Olie Anwar
heniodori
AL-ZAHRA Indonesia
Susilo
Rudy H. SMK Kuningan
BASKORO ADI PRAYITNO
Almadury Ngeblog
dadaptree.com
hakimtea.com
Pamulang.net
viladago.blogsome.com
DEPDIKNAS
JARDIKNAS.ORG
::Blogger DIKNAS Banten::
::Blogger JARDIKNAS::
Blog-Indonesia
Khomsurizal - MEDIA BANTEN
SUNDAPOST
poetramahardika
Hera-ku
Bunda Cantik Azra
mybiz-mymoney
Herry-08
Fajar Kencana
Jendela Hati
pojokguru.com
Bawean Termenung
Kesehatan membawa Barokah-Buyay
nakatsu-senpai -What I Like? I like
Agungosx
Azies.Co.Cc
net'blog - IFAT
Aku dan Duniaku
Kris - TIPS dan TRICK
Islamic-Oase, Mursalin Maroko
Final Fantasy Planet
Jendelahati
Sehatbarokah
Marsudiyanto
Paddi99
bloggeraddicter
Blogger-Pesta
River Maya
Raja Pribumi
Infoku
Practical Blogging - Robyn Tippins
Gaming and Tech - Robyn Tippins
a Healthy Balance - Robyn Tippins
budhe Fakhrun
SmartAlzind - Al-Zahra
Firmansyah AL-Zahra
Bu Ety - Al-Zahra
Amalia Savira - Al-Zahra
Suci Hamidahsyari - Al-Zahra
Delina -Bakos Al-Zahra
Bunda Ririe
Muditayasa
CORETANKU - Hamidz
Informasi Computer & Internet - TITO
Pit and Put - Saefudin Amsa
Tamsil Islami - Orenk's Blog
Kula Gotra Pasek Trunyan, Desa Tamblang
adiWidget - Blog
herveendoank - Tips & Trik Komputer
defantri - Mathholic
Kumagcow
Khalid Mustafa.info
Gatot HP 2000
Karbazon
rachordbilly-raka
Palembang Daily Photo
selinatankersley
Wahyubmw
deafiyanti -Serua, Ciputat
Lawak Jenaka
Panduan Guru-Guru Malaysia
lawak-jenaka
Kumpulan Bisnis Online
cahaya-cahayaku
The Path of Successfull Life -irma14
Remixmax
Humorbendol
www.jakartateachers.com
dppfgii
SuccessFulteaching
Blog GenerateFreeTraffic OnlineMoney
Wong Deso Dan Bodoh Yang Lagi Belajar Mencari Ilmu
Gadget Information
Serpong.org
onestopadvertising-itsolution
awan-smith

maskwarta.blogspot

bas-rul

muhammad-rifqi

googleadsensemania

Komuntas Bogger Banten

Smart Money
Karbazon
lifestyleguide.us
zilafima
slam.co.nr
Tinung Indosat
Maskwarta
Gatot HP
Red Secret Diary
Mas Wigrantoro Roes Setiadi
Ignition Start
fatihsyuhud
nenen.bravejournal
riasmaja
rflowers.wordpress
thobingsunarya
Budiawan-Hutasoit
Masyarakat Telematika
World TV PC
best-voip-service.info
judotenslab
BLOGPOP Org
addwebsitefree
Evelin Avimar
Aliwarto Golekbolo
http://umbultech.com/
Amalkann Nasution
Putri Adrian
jeunellefoster
Telecommunication Stuff
sound-gear.info
quickblogdirectory
Fairu.com >> Website Directory
Are You INTO TECHnology?
Dmegs Web Directory
hampshire shop property
Blog Directory
lancashire business for sale
Free Blog Directory
MyBlog2u.com - Blog Directory

Blogoriffic.com
bloghop.com
Blog Search Engine
dir.web.id

felixsdp

Page Rank Checker
Computer, Software and Internet
tikabanget.com
Ndoro Kakung
estamosdeacuerdo.org
amsatprovider
Kamus Tradisional

Cordis.europa.eu

Veri Art Shools

Veri Art

Dunia Komputer

Langit-langit.com

Lagu Enak

trubus-online.co.id

Candi Orchid

Anggrek Org

* Desi Damayanti
* Tabita
* Desi Damayanti Skin Care
*
Tabita Skincare
* Info Tabita Skincare Asli
* Facebook Tabita Skincare Desidamayanti

19 January 2012

, , , , ,

Penyebab Mudah Robohnya Pohon-pohon Besar di Perkotaan

Esha Garden - Thursday, January 19, 2012

I.Pendahuluan
Dengan semakin meningkatnya kondisi cuaca ekstrim belakangan ini banyak pohon-pohon besar yang tumbang. Pohon-pohon yang tumbang tidak hanya pohon-pohon yang masuk kategori sakit, tapi juga pohon-pohon besar yang “kelihatannya sehat”.

Kenapa banyak sekali terjadi pohon-pohon besar yang tumbang belakangan ini, terutama di daerah perkotaan. Perlakuan perawatan apa yang harus dilakukan dan monitoring seperti apa yang dapat dilakukan agar tumbangnya pohon tersebut dapat diperkecil dampak negatifnya.

Sebagian orang yang melihat dampak negative tumbangnya pohon besar, tanpa berfikir panjang dengan sangat mudah memberikan solusi agar semua pohon besar di pangkas sampai batas aman, tidak menimpa rumah, mobil, bangunan dll, apa betul demikian? Mungkin kalau harus seperti akan tinggal sebagian kecil saja pohon besar yang ada di bogor, karena memang di daerah perkotaan tidak ada daerah yang leluasa untuk tumbuhnya pohon besar.

Ada pula yang berpendapat bahwa bila sudah banyak daun yang gugur maka berarti pohon tersebut sudah tua dan harus segera ditebang atau dipangkas, apakah betul demikian? Coba kita melihatnya dengan lebih dalam dan lebih komprehensif agar permasalahan tersebut betul-betul dapat ditanggulangi dengan baik.

II. Ketahanan Pohon di Dalam Menghadapi Terpaan Angin/ Badai
Secara alami pohon memiliki kemampuan dan ketahanan di dalam meghadapi terpaan badai. Hal ini merupakan proses evolusi dan adaptasi yang panjang. Kemampuan dan daya tahan tersebut diwujudkan dalam bentuk morfologi perakaran yang sangat spesifik dikaitkan dengan morfologi batang dan tajuk pohon tersebut.

Untuk jenis kelapa yang mempunyai morfologi tinggi dengan batang yang relatif kecil, elastis dengan tajuk diujung batang dengan bentuk daun yang panjang dan sempit sehingga tidak banyak menahan angin, maka karena sistem perakarannya monokotil (serabut) dan biasanya tumbuh di atas daerah bercadas sehingga akar-akar kelapa tadi benar-benar mencengkram dengan sangat kuat, disamping cadasnya sendiri merupakan bebatuan yang sangat keras dan kuat sehingga pohon kelapa walaupun diterpa badai atau angin yang keras, maka batangnya saja yang meliuk-liuk tapi tidak menyebabkan pohon tersebut patah atau rubuh.

Demikian pula dengan jenis pohon dikotil yang memiliki bentuk percabangan yang banyak dan lebat menghasilkan pohon yang besar menjulang dengan tajuk berbentuk melebar seperti payung (tidak semua pohon) Untuk menjaga agar pohon tersebut tidak tumbang maka secara genetik menumbuhkan akar tunjang yang tumbuh terus menghujam ke dalam bumi layaknya paku bumi dengan akar-akar sekunder dan tersier yang bercabang-cabang sebanyak dan selebar tajuk pohon tersebut. Dengan demikian ada keseimbangan bobot dan juga metabolisme. Hal inilah yan membuat pohon tidak mudah tumbang diterpa badai karena kedalaman akar tunjangnya dan cengkaraman akar sekunder dan tersiernya yang seluas tajuk membuat pohon tersbut cukup kuat menghadapi badai.

III. Faktor Yang Membuat Pohon di Perkotaan Mudah Tumbang
1. Pembangunan kota yang sangat cepat menuntut terbentuknya daerah hunian dan perkotaan yang relatif cepat. Hal ini berdampak pada pengerjaan komponen fisik kota yang juga harus serba instan dan cepat. Termasuk juga bagaimana dengan cepat membuat kondisi perkotaan cepat hijau dan indah. Hal ini membuat para pekerja / pembuat taman berusaha mewujudkan daerah yang hijau dengan menanam pohon yang sudah besar dengan sistem putar (cabutan) atau membeli bibit pohon tapi dengan ukuran yang sudah besar berupa stek batang setinggi 3-4 meter. Dengan keahliannya maka pohon tersebut dapat ditanam dan dapat tumbuh dengan baik, tapi apakah mereka memikirkan bagaimana pertumbuhan akarnya selanjutnya, apakah dapat tumbuh dan menancap dengan kuat ke dalam tanah. Ukuran batang yang besar tidak sesuai dengan luasan tajuk dan akar yang ada, misalnya dengan luasan tajuk pohon dengan diameter 3 m, tapi batang pohon agar kelihatan ekslusif berukuran diameter sekitar 30-40 cm. Hal ini tidak serasi meurut ukuran alamiah. Biasanya untuk diameter tajuk 3 m cukup batang dengan diameter batang hanya 10-15 cm.

2. Tata letak jalur hijau dan posisi pohon sering sekali bertumpang tindih dengan kabel PLN dan sering melampaui batas halaman rumah. Hal ini menyebabkan pohon seringkali dipangkas cabang dan rantingnya agar tidak mengganggu kabel PLN dan menutupi halaman rumah bahkan serasahnya mengotori halaman rumah. Pemotongan cabang dan ranting yang berlebihan akan menyebabkan ketidak seimbangan antara tajuk dan akar. Bila Banyak cabang dan ranting yang ditebang akan menyebabkan akar tidak berfungsi dengan baik, dan hal ini dapat menyebabkan pembusukan bertahap pada akar sehingga lambat laun akan mengurangi jumlah dan luasan akar. Pada akhirnya akar akan menyusut menyesuaikan diri dengan jumlah tajuk yang ada, ini merupakan keseimbangan tajuk dan akar. Berkurangnya jumlah akar menyebabkan berkurangnya daya cengkram dan cakupan akar. Jumlah akar yang sedikit sementara ukuran batang yang besar menyebabkan tidak seimbangnya kemampuan akar dalam menjaga tetap kokohnya batang pohon tersebut. Bila terjadi angin badai, maka ukuran batang yang besar dan tiupan angin yang keras tidak mampu ditahan oleh akar yang tinggal sedikit tersebut.

3. Adanya pembangunan fisik pada bagian dasar/ tanah, seperti pengaspalan, pembetonan, pondasi bangunan / gedung bertingkat. Kesemuanya membuat terbatasnya pertumbuhan akar pohon tersebut. Ditambah lagi dengan sering terjadinya penggalian untuk pekerjaan PAM, PLN, saluran selokan dll membuat terpotong dan terpangkasnya akar cukup banyak. Hal ini berdampak sangat serius pada pohon tersebut, walaupun tidak menyebabkan kematian. Hilangnya sejumlah akar menyebabkan ketidakseimbangan dalam proses transpirasi. Besarnya penguapan di level permukaan daun, tidak seimbang dengan suplai air dari dalam tanah melalui akar.ketidakseimbangan ini menyebabkan rusaknya sistem kapileritas dan dapat menyebabkan dehidrasi yang serius. Dehidrasi serius ini akan diantisipasi pohon dengan menggugurkan sejumlah daun, sehingga lambat laun tajuk juga akan menyesuaikan diri dengan jumlah akar yang ada. Penyusutan akar dan tajuk/daun ini akan berdampak pada tidak berfungsi optimalnya batang yang besar tersebut, hal ini akan menyebabkan sebagian sel-sel atau jaringan batang akan tidak berfungsi dan lambat laun akan mati. Matinya beberapa sel / jaringan batang akan menyebabkan pohon tersebut mudah terserang penyakit dan hama. Serangan hama dan penyakit ini akan berdampak pada fisik berupa cepat growongnya batang pohon tersebut. Growongnya batang pohon akan berdampak pada kekuatan pohon dalam menahan serangan badai.

4. Tidak adanya perawatan untuk pohon-pohon yang telah di tanam. Pohon-pohon tersebut dibiarkan tumbuh sesuai dengan alamiahnya. Hal ini tidak akan menjadi masalah bila tidak ada gangguan-gangguan seperti yang telah diungkapkan. Belum lagi dengan adanya musim kemarau yang berkepanjangan, juga akan berdampak pada kesehatan pohon. Adanya gangguan dan hambatan pertumbuhan, karena pemangkasan, pembatasan pertumbuhan akar dan tajuk, pencemaran lingkungan, kesemuanya akan menyebabkan pohon akan mengalami percepatan penuaan pohon. Percepatan penuaan ini didefinisikan dengan semakin banyaknya sel-sel yang tua yang terdapat di dalam pohon tersebut yang pada akhirnya mendominasi dan melebihi jumlah sel-sel yang muda. Sel-sel yang tua akanmenghasilkan metabolit sekunder berupa hormon auksin, zat penghambat dan zat etilen. Kesemua metabolit tersebut berdampak pada kematian sel-sel tua tersebut. Semakin banyaknya sel-sel yang mati, maka akan mempermudah terinfensinya mikroba patogen yang akan menyebabkan busuk, atau terinfeksinya oleh hama yang menyebabkan growong dll. Pohon-pohon dengan kondisi demikian lambat laun akan berkurang kemampuan daya tahannya terhadap terpaan badai.

IV. Antisipasi Agar Pohon Tidak Mudah Tumbang
1. Penyiapan bibit yang memiliki akar tunjang yang baik, sebaiknya bibit berasal dari biji. Bila bibit berasal dari stek maka bibit stek tersebut juga perlu dibuat akar tunjang buatannya agar bibit stek tersebut memiliki akar tunjang yang nantinya akan dapat memperkuat berdirinya pohon tersebut

2. Dalam melakukan pemangkasan sebaiknya tidak bersifat drastis, atau dalam jumlah besar karena akan berpengaruh pada keseimbangan dalam proses transpirasi dan metabolisme dalam pohon tersebut. Bila pemangkasan besar tersebut memang terpaksa dilakukan, maka ketidakseimbangan besar batang dengan ukuran tajuk atau perakaran perlu mendapatkan perhatian, atau bila perlu diberi penguatan tambahan, misalnya pemberian pasak penguat, atau tali baja penguat berdirinya batang dll.

3. Pemangkasan akar pada saat dilakukan pekerjaan pembangunan sarana PAM, PLN, Selokan dll akan membuat ketidak seimbangan. Sebaiknya perlu dibantu dengan percepatan pemulihan pertumbuhan akar-akar baru dengan dibantu dengan memberikan hormon untuk percepatan pertumbuhan akar.

4. Sebaiknya semua pihak menyadari pentingnya perawatan pohon besar ini bila tidak ingin kasus robohnya pohon akan terus berulang. Terutama pihak-pihak Pemutus kebijakan sebaiknya sudah mulai mengalokasikan anggaran untuk perawatan pohon besar diperkotaan. Tujuan dari perawatan adalah untuk :
a. Memperpanjang umur pohon (awet muda)
b. Meningkatkan ketahanan terhadap terpaan bagai
c. Mengurangi persentase rapuhnya batang, cabang dan ranting yang patah atau roboh.
d. Menjaga dominasi sel-sel muda di bandingkan sel-sel tua pada pohon tersebut
e. Membantu mengurangi hambatan pertumbuhan (terutama pada akar) sehingga daya cengkram akar tetap kuat.

5. Penguatan pada akar, atau pertumbuhan tajuk, atau penguatan dan pertumbuhan diameter batang perlu kita lakukan, karena hambatan dan gangguan lingkungan terhadap pohon tersebut sudah diluar kemampuan pohon tersebut untuk dapat pulih kembali. Dengan membantu dan mempercepat penyerapan makanan. Dan menambahkan semua kebutuhan pohon tersebut untuk tumbuh, seperti hormon, vitamin dan pupuk organik dll.

Untuk masuknya bahan perlakuan dilakukan melalui akar dengan dibantu dengan membuat lubang-lubang kecil dan dalam sebanyak luasan tajuk (seperti biopori). Dan contoh ramuannya adalah:
a. Memperkuat akar:
- hormon NAA 0,25 mg/l, hormon IBA 0,25 mg/l , IAA 0,25 mg/l, 2,4D 0.25 mg/l
- vitamin B1 5 mg/l
- vitamin B2 2,5 mg/l
- Vitamin B6 2,5 mg/l
- Vitamin B 12 2,5 mg/l
- Myoinositol 100 mg/l

b. Memperbanyak tajuk
- hormon BAP 0,5 mg/l, hormon kinetin 0,5 mg/l
- vitamin B1 5 mg/l
- vitamin B2 2,5 mg/l
- vitamin B6 2,5 mg/l
- vitamin B12 2,5 mg/l
- Myoinositol 100 mg/l

c. Memperkuat batang, cabang dan ranting
- hormon giberelin 0,5 mg/l, 2,4 D 0,5 mg/l, kinetin 0,5 mg/l
- vitamin B1 5 mg/l
- vitamin B2 2,5 mg/l
- vitamin B6 2,5 mg/l
- vitamin B12 2,5 mg/l
- Myoinositol 100 mg/l
- KNO3 1 g /l
- Packlobutrazol 50 mg/l

Dosis yang diberikan untuk satu pohon besar bisa mencapai 20 sampai 40 liter di berikan pada lubang-lubang yang telah dibuat tersebut. Ramuan tersebut merupakan ramuan spesifik mengarah pada tujuan tersebut, disamping itu tetap perlu diberi makanan yang bergizi yaitu:

1. Pupuk organik cair lengkap 2 ml/l
2. Pupuk hayati lengkap 2 ml/l
3. NPK yang telah dicairkan 1000 mg/l
4. Sumber energi (tetes tebu / molase) 2 ml/l

Pohon adalah mahluk hidup, yang mempunyai kemampuan untuk bertahan hidup, tapi bila tekanan lingkungannya melebihi kemampuan dalam bertahan maka pohon tersebut akan tumbang. Kita hanya perlu membantu agar pohon tersebut meningkat kemampuan daya tahannya terhadap terpaan angin. Oleh sebab itulah maka penanganan pohon bukan hanya sekedar fisik, tapi juga harus memperhatikan aspek fisiologi pohon tersebut. Pohon sehat, bahagia dan kita terhindar dari robohnya pohon.

Bogor 18 januari 2012

Tentang penulis :
Ir. Edhi Sandra MSi adalah:
  1. Kepala Lab Bioteknologi Lingkungan PPLH IPB Bogor
  2. Kepala Lab Kultur Jaringan Bagian Konservasi Tumbuhan Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata Fakultas Kehutanan IPB Bogor
  3. Pemilik Esha Flora Plant and Tissue Culture