Show Mobile Navigation

Artikel Terkini

Berlangganan Artikel Kuljar Via Email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Pendaftaran

Tukar Link



Sekolah Paket- A-B-C


Blog Tanaman Obat

tea-and-healthy
PT Kipti
Mocafi

Kultur-ITB


Kumpulan Bisnis Online

Qittun Blog

Ningtyas Indri
MyLearningdays
Emilia SP
Knowvie

AL-ZAHRA Indonesia
Pamulang.Net

caissonlabs.com


Direktori Website Indonesia



dir.web.id


blogguebo

Free Submit Directory

engineeredpoetry
Kolom-Tutorial - Kang Rohman
arlina100
maseko.com
Math and Me
Waroeng Betawi
Keluarga Olie Anwar
heniodori
AL-ZAHRA Indonesia
Susilo
Rudy H. SMK Kuningan
BASKORO ADI PRAYITNO
Almadury Ngeblog
dadaptree.com
hakimtea.com
Pamulang.net
viladago.blogsome.com
DEPDIKNAS
JARDIKNAS.ORG
::Blogger DIKNAS Banten::
::Blogger JARDIKNAS::
Blog-Indonesia
Khomsurizal - MEDIA BANTEN
SUNDAPOST
poetramahardika
Hera-ku
Bunda Cantik Azra
mybiz-mymoney
Herry-08
Fajar Kencana
Jendela Hati
pojokguru.com
Bawean Termenung
Kesehatan membawa Barokah-Buyay
nakatsu-senpai -What I Like? I like
Agungosx
Azies.Co.Cc
net'blog - IFAT
Aku dan Duniaku
Kris - TIPS dan TRICK
Islamic-Oase, Mursalin Maroko
Final Fantasy Planet
Jendelahati
Sehatbarokah
Marsudiyanto
Paddi99
bloggeraddicter
Blogger-Pesta
River Maya
Raja Pribumi
Infoku
Practical Blogging - Robyn Tippins
Gaming and Tech - Robyn Tippins
a Healthy Balance - Robyn Tippins
budhe Fakhrun
SmartAlzind - Al-Zahra
Firmansyah AL-Zahra
Bu Ety - Al-Zahra
Amalia Savira - Al-Zahra
Suci Hamidahsyari - Al-Zahra
Delina -Bakos Al-Zahra
Bunda Ririe
Muditayasa
CORETANKU - Hamidz
Informasi Computer & Internet - TITO
Pit and Put - Saefudin Amsa
Tamsil Islami - Orenk's Blog
Kula Gotra Pasek Trunyan, Desa Tamblang
adiWidget - Blog
herveendoank - Tips & Trik Komputer
defantri - Mathholic
Kumagcow
Khalid Mustafa.info
Gatot HP 2000
Karbazon
rachordbilly-raka
Palembang Daily Photo
selinatankersley
Wahyubmw
deafiyanti -Serua, Ciputat
Lawak Jenaka
Panduan Guru-Guru Malaysia
lawak-jenaka
Kumpulan Bisnis Online
cahaya-cahayaku
The Path of Successfull Life -irma14
Remixmax
Humorbendol
www.jakartateachers.com
dppfgii
SuccessFulteaching
Blog GenerateFreeTraffic OnlineMoney
Wong Deso Dan Bodoh Yang Lagi Belajar Mencari Ilmu
Gadget Information
Serpong.org
onestopadvertising-itsolution
awan-smith

maskwarta.blogspot

bas-rul

muhammad-rifqi

googleadsensemania

Komuntas Bogger Banten

Smart Money
Karbazon
lifestyleguide.us
zilafima
slam.co.nr
Tinung Indosat
Maskwarta
Gatot HP
Red Secret Diary
Mas Wigrantoro Roes Setiadi
Ignition Start
fatihsyuhud
nenen.bravejournal
riasmaja
rflowers.wordpress
thobingsunarya
Budiawan-Hutasoit
Masyarakat Telematika
World TV PC
best-voip-service.info
judotenslab
BLOGPOP Org
addwebsitefree
Evelin Avimar
Aliwarto Golekbolo
http://umbultech.com/
Amalkann Nasution
Putri Adrian
jeunellefoster
Telecommunication Stuff
sound-gear.info
quickblogdirectory
Fairu.com >> Website Directory
Are You INTO TECHnology?
Dmegs Web Directory
hampshire shop property
Blog Directory
lancashire business for sale
Free Blog Directory
MyBlog2u.com - Blog Directory

Blogoriffic.com
bloghop.com
Blog Search Engine
dir.web.id

felixsdp

Page Rank Checker
Computer, Software and Internet
tikabanget.com
Ndoro Kakung
estamosdeacuerdo.org
amsatprovider
Kamus Tradisional

Cordis.europa.eu

Veri Art Shools

Veri Art

Dunia Komputer

Langit-langit.com

Lagu Enak

trubus-online.co.id

Candi Orchid

Anggrek Org

* Desi Damayanti
* Tabita
* Desi Damayanti Skin Care
*
Tabita Skincare
* Info Tabita Skincare Asli
* Facebook Tabita Skincare Desidamayanti

23 March 2010

Mengenal Hama Pada Tanaman Anggrek

Esha Garden - Tuesday, March 23, 2010
Hama salah satu kendala pembudidayaan anggrek. Ia mengintai tanaman anggrek setiap saat. Bila kurang waspada, tidak hanya kerusakan yang menimpa anggrek kesayangan Anda, melainkan juga kematian. Semua itu dapat ditimbulkan oleh serangan alat mulut tusuk dan isap serta alat mulut gigi dan kunyah dari hama serangga, tungau dan keong. Berikut deskripsi hama anggrek, sebagaimana yang diungkapkan Ir. Yos Sutiyoso dalam kumpulan makalah seminar anggrek sehari.

Hama Serangga.
1. Kumbang gajah (Orchidophilus aterrimus, Coleoptera)
Kumbang ini banyak terlihat setelah usai hujan dan berada di pucuk bulb Dendrobium yang masih vegetatif. Cara menyerangnya dengan menggigit pucuk daun. Setelah dua hari, pucuk yang digigit terlihat mulai menguning dan melayu. Bila pucuk membuka, maka daun yang terbentuk akan terlihat rombeng dan banyak kehilangan butir hijau daun. Bila titik tumbuh pucuk terserang, maka bulb tersebut terhenti pertumbuhannya.
Kumbang ini biasanya juga meletakkan telurnya di pucuk atau pada permukaan bulb yang akan menetas. Selanjutnya larva akan menggerek dan memakan jaringan di dalam bulb tersebut hingga berongga. Maka terputuslah aliran air dan hara dari akar ke daun, sehingga daun menguning, gugur dan bulb menjadi gundul.
Larva berganti kulit beberapa kali di dalam bulb, kemudian berubah menjadi pupa. Seminggu kemudian berubah bentuk lagi menjadi kumbang. Ditembusnya kulit bulb untuk membuat lubang keluar, kemudian kawin dan meletakkan telur kembali sebagai lanjutan daur hidupnya.
Bila kita melihat lubang pada bulb Dendrobium, maka itu berarti hama tidak berada dalam bulb lagi. Namun begitu lubang pada bulb ini mungkin saja menjadi pintu gerbang serangan oleh penyakit cendawan atau bakteri, sehingga bulb menjadi busuk.

2. Kutu Parlatoria (Palratoria proteus, Homoptera)

Kutu ini sering menyerang tanaman anggrek terestris, misalnya aranthera’James Storie’, Arachins’Maggie Oie’, dan sebagainya. Pada umunya daun yang terserang hama ini, penuh dengan kutu berwarna kuning kecokelatan dan sering disangka kotoran serta hanya terdapat di permukaan bawah. Di sekitar tempat kutumelekat, daun menguning lalu berbercak cokelat, menghitam dan gugur.
Kutu ini bentuknya agak lonjong dan berperisai yang merupakan jaringan mati, sehingga sulit ditembus insektisida. Meskipun dengan insektisida sistemik hama dapat terkendali dengan baik, tetapi kutu yang mati masih tetap melekat pada daun.
Hama ini berkembangbiak dengan cepat, terutama pada musim kemarau. Di musim hujan, larvanya dapat terbasuh oleh hujan yang deras. Penyiraman juga membasuh larva ini, sehingga jatuh dari permukaan daun dan mati.

3. Kutu Putih (Pseudococcus spp, Homoptera)
Kutu ini menyerang anggrek Phalaenopsis diketiak sekitar titik tumbuhnya, kadang-kadang menyerang akar Dendrobium didalam media pot. Juga terdapat pada batang dan daun sebelah bawah Cattleya, Dendrobium, dan sebagainya. Larvanya kecil dan ringan serta rajin berkeliaran, sehingga dapat menyebar atas areal yang lebih luas.
Dengan mencocokkan kedalam jaringan tanaman, diisapnya isi sel. Daun dan jaringan tanaman menjadi kuning dan akhirnya gugur, sehingga tanaman menjadi gundul. Setelah mendapat tempat yang baik, maka kutu putih menetap ditempat itu, kemudian membuat selaput putih pada badannya. Selanjutnya tanaman akan menderita, karena seekor kutu betina dapat menghasilkan sekitar 300 butir telur yang diletakkan selama dua minggu.

4. Kutu Tudung (Chrysomphalus tingi, Homoptera)
Bentuknya bulat dan meninggi ditengahnya. Telur diletakkan di bawah perisainya. Setelah menetas, larvanya keluar dari bawah perisai secara bertahap, kemudian berkeliling mencari tempat mencocokkan moncongnya.
Selanjutnya daun Cattleya maupun bulbnya akan menjadi kuning karena jaringan tanaman diisap habis oleh kutu. Bila serangannya parah, maka daunmenjadi cokelat, kering dan kemudian gugur.

Hama Tungau
Tungau (mite, Inggris, mijt, Belanda) Pada umunya berkembang pesat pada musim kemarau. Di musim hujan, nimfanya mudah terbasuh oleh hujan bila berada di permukaan daun sebelah atas. Dapat pula terbasuh oleh air siraman, sehingga kebun yang rajin disiram dengan banyak air akan sedikit serangannya.
Alat mulutnya bersifat tusuk dan isap, akan menyebabkan bintik-bintik kuning pada daun, yang kemudian mencokelat, akhirnya daun mulai mongering dan gugur.
Hama tungau ini terdiri dari tungu merah (Tenuipalpus pacificus, Acarina) dan tungu jingga (Dolichotetranachus vandergooti, Acarina). Tungau merah biasanya berkeliaran diseluruh permukaan daun disebelah bawah, mengakibatkan daun seperti bergambar peta dengan adanya garis-garis putih keperakan yang berliku-liku. Sedangkan tungau jingga terutama menyerang ketiak daun Dendrobium yang terdapat di antara pelepah dengan batang/bulb, menyebabkan pelepah bagian teratas dan pada pangkal helai daun terlihat bercak hitam.

Hama Keong (Mollusca)
Telur menetas menjadi keong kecil, terutama di awal musim hujan. Pada akhir musim hujan, ukuran badannya telah meningkat pesat. Itulah sebabnya untuk wilayah Indonesia bagian Timur, termasuk Pulau Jawa, sehingga keong mengganas di antara bulan Maret hingga Mei. Setelah itu bila musim kemarau tiba, keong akan mengalami kekeringan dan biasanya menurun kegiatan serangannya.
Hama keong ini terdiri dari keong telanjang (Vaginula bleekeri, Mollusca), keong setengah telanjang (Parmarion popularis, Mollusca), keong berumah (Achatina fulica, Mollusca).
Keong telanjang bentuknya seperti lintah, sering disebut “lesispo” (Jawa) atau “Limus sakeureut” (Sunda). Aktif berkeliaran menyerang tanamna di malam hari. Keong ini rakus sekali makan daun-daun Phalaenopsis dan jenis-jenis daun lunak lainnya.

Berbeda dengan keong setengah telanjang yang memiliki benjolan yang agak mengeras di punknya. Dimusim hujan, bila malam kelembapannya tinggi, keluarlah keong ini dari rerumputan atau dari media pot, kemudian menyerang tanaman.
Selanjutnya adalah keong rumah, sering disebut keong racun, keong ini pun hanya aktif di malam hari. Segala macam tanaman dimakannya. Telurnya berbentuk pipih bulat dan biasanya diletakkan di antara sampah. Kerakusannya menyebabkan kerugian yang sangat besar, terutama diakhir musim hujan, ketika ukurannya telah besar dan kebutuhan makanannya meningkat.

Bookmark and Share