Show Mobile Navigation

Artikel Terkini

Berlangganan Artikel Kuljar Via Email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Pendaftaran

Tukar Link



Sekolah Paket- A-B-C


Blog Tanaman Obat

tea-and-healthy
PT Kipti
Mocafi

Kultur-ITB


Kumpulan Bisnis Online

Qittun Blog

Ningtyas Indri
MyLearningdays
Emilia SP
Knowvie

AL-ZAHRA Indonesia
Pamulang.Net

caissonlabs.com


Direktori Website Indonesia



dir.web.id


blogguebo

Free Submit Directory

engineeredpoetry
Kolom-Tutorial - Kang Rohman
arlina100
maseko.com
Math and Me
Waroeng Betawi
Keluarga Olie Anwar
heniodori
AL-ZAHRA Indonesia
Susilo
Rudy H. SMK Kuningan
BASKORO ADI PRAYITNO
Almadury Ngeblog
dadaptree.com
hakimtea.com
Pamulang.net
viladago.blogsome.com
DEPDIKNAS
JARDIKNAS.ORG
::Blogger DIKNAS Banten::
::Blogger JARDIKNAS::
Blog-Indonesia
Khomsurizal - MEDIA BANTEN
SUNDAPOST
poetramahardika
Hera-ku
Bunda Cantik Azra
mybiz-mymoney
Herry-08
Fajar Kencana
Jendela Hati
pojokguru.com
Bawean Termenung
Kesehatan membawa Barokah-Buyay
nakatsu-senpai -What I Like? I like
Agungosx
Azies.Co.Cc
net'blog - IFAT
Aku dan Duniaku
Kris - TIPS dan TRICK
Islamic-Oase, Mursalin Maroko
Final Fantasy Planet
Jendelahati
Sehatbarokah
Marsudiyanto
Paddi99
bloggeraddicter
Blogger-Pesta
River Maya
Raja Pribumi
Infoku
Practical Blogging - Robyn Tippins
Gaming and Tech - Robyn Tippins
a Healthy Balance - Robyn Tippins
budhe Fakhrun
SmartAlzind - Al-Zahra
Firmansyah AL-Zahra
Bu Ety - Al-Zahra
Amalia Savira - Al-Zahra
Suci Hamidahsyari - Al-Zahra
Delina -Bakos Al-Zahra
Bunda Ririe
Muditayasa
CORETANKU - Hamidz
Informasi Computer & Internet - TITO
Pit and Put - Saefudin Amsa
Tamsil Islami - Orenk's Blog
Kula Gotra Pasek Trunyan, Desa Tamblang
adiWidget - Blog
herveendoank - Tips & Trik Komputer
defantri - Mathholic
Kumagcow
Khalid Mustafa.info
Gatot HP 2000
Karbazon
rachordbilly-raka
Palembang Daily Photo
selinatankersley
Wahyubmw
deafiyanti -Serua, Ciputat
Lawak Jenaka
Panduan Guru-Guru Malaysia
lawak-jenaka
Kumpulan Bisnis Online
cahaya-cahayaku
The Path of Successfull Life -irma14
Remixmax
Humorbendol
www.jakartateachers.com
dppfgii
SuccessFulteaching
Blog GenerateFreeTraffic OnlineMoney
Wong Deso Dan Bodoh Yang Lagi Belajar Mencari Ilmu
Gadget Information
Serpong.org
onestopadvertising-itsolution
awan-smith

maskwarta.blogspot

bas-rul

muhammad-rifqi

googleadsensemania

Komuntas Bogger Banten

Smart Money
Karbazon
lifestyleguide.us
zilafima
slam.co.nr
Tinung Indosat
Maskwarta
Gatot HP
Red Secret Diary
Mas Wigrantoro Roes Setiadi
Ignition Start
fatihsyuhud
nenen.bravejournal
riasmaja
rflowers.wordpress
thobingsunarya
Budiawan-Hutasoit
Masyarakat Telematika
World TV PC
best-voip-service.info
judotenslab
BLOGPOP Org
addwebsitefree
Evelin Avimar
Aliwarto Golekbolo
http://umbultech.com/
Amalkann Nasution
Putri Adrian
jeunellefoster
Telecommunication Stuff
sound-gear.info
quickblogdirectory
Fairu.com >> Website Directory
Are You INTO TECHnology?
Dmegs Web Directory
hampshire shop property
Blog Directory
lancashire business for sale
Free Blog Directory
MyBlog2u.com - Blog Directory

Blogoriffic.com
bloghop.com
Blog Search Engine
dir.web.id

felixsdp

Page Rank Checker
Computer, Software and Internet
tikabanget.com
Ndoro Kakung
estamosdeacuerdo.org
amsatprovider
Kamus Tradisional

Cordis.europa.eu

Veri Art Shools

Veri Art

Dunia Komputer

Langit-langit.com

Lagu Enak

trubus-online.co.id

Candi Orchid

Anggrek Org

* Desi Damayanti
* Tabita
* Desi Damayanti Skin Care
*
Tabita Skincare
* Info Tabita Skincare Asli
* Facebook Tabita Skincare Desidamayanti

21 March 2010

Aneka Ragam Pot untuk Tanaman Anggrek

Esha Garden - Sunday, March 21, 2010
Selain pemilihan pot yang baik dan tepat, hal lain yang perlu diketahui adalah keberhasilan, penempatan dan pergantian pot secara teratur. Hal tersebut sangat penting karena akan mempengaruhi pertumbuhan anggrek selanjutnya.

Pot Tanah
Bila dilihat bentuknya, pot tanah untuk anggrek sama saja dengan pot tanah biasa. Pada dinding pot anggrek ada celah-celah besar dan lubang untuk memperlancar sirkulasi udara. Selain itu, karena sifat bahan yang mudah menyerap air, maka kelebihan air siraman dapat diserap, sehingga akar-akar anggrek terhindar dari bahaya pembusukan. Keadaan lembap dilingkungan akar juga tetap terjaga.

Bobot pot cukup berat, sehingga mampu menahan tegaknya pot, walaupun tanaman sudah semakin tinggi. Kesulitan dalam pemakaian pot tanah mungkin baru akan dirasakan bila tiba saatnya anda melakukan penggantian pot. Biasanya akar-akar anggrek melekat pada permukaan bagian dalam dinding pot. Hal ini akan merusak akar bila tidak hati-hati dalam usaha mengeluarkan tanaman dari potnya yang lama.

Pot Plastik
Banyak variasi ditemukan pada pot ini, baik ukuran maupun warnanya. Membersihkannya juga mudah. Karena sifat plastik yang tidak berpori, maka lubang penyaluran air pada dasra pot biasanya lebih banyak jumlahnya dibandingkan pot tanah.
Kebanyakan pot plastik tidak mempunyai lubang-lubang di dindingnya. Sehingga bila mau dipakai untuk menanam anggrek mesti dibuatkan dulu lubang-lubangnya. Caranya bisa dengan menusukkan ujung solder besi yang panas kedinding pot tersebut.
Pot plastik memiliki permukaan yang licin, sehingga akar-akar anggrek tidak mau menempel disana. Jadi tidak sulit untuk memindahkannya kedalam pot yang baru.

Pot Kayu
Bentuknya kotak dan berdinding renggang, biasanya merupakan pot gantung. Dengan penampilannya yang antik, sosok anggrek akan tampak menarik bila ditempatkan dalam pot kayu tersebut.

Pertukaran udaranya juga lebih bebas. Akibatnya media tanam cepat kering dan ini mengharuskan Anda menyiram lebih sering. Namun dalam pemupukan, pot model ini cukup efisien, karena akar-akar anggrek lebih mudah terkena larutan pupuk yang disemprotkan.

Seluruh pot tersebut bisa dipakai sebagai wadah menanam anggrek, asal pot tersebut bisa dipakai sebagai wadah menanam anggrek, asal pot tersebut bisa mengalirkan air dengan cepat dan mempunyai system pertukaran udara yang baik. Terutama yang perlu diingat, bagi jenis-jenis anggrek epifit yang cinta udara atau istilah canggihnya “ the air loving orchid”, akan tumbuh merana dan menderita bila sekitar akar-akarnya penuh air atau kelewat basah.

Menjaga Kebersihan Pot
Bila memakai pot tanah liat, maka baru beberapa minggu saja sudah terlihat ada lumut melekat di dindingnya. Lumut tersebut makin banyak dan akan menutupi seluruh dinding pot. Dan warnanya yang semula hijau akan segera berubah menjadi kehitaman. Proses ini berlangsung lebih cepat pada musim hujan karena cuaca senantiasa lembab dan basah. Kalau sudah demikian pemandangan tentu jadi tak indah lagi.

Selain merusak keindahan, kehadiran lumut juga dapat mengundang kehadiran hama dan penyakit. Untuk itu sebaiknya pot-pot anggrek yang mulai ditumbuhi lumut sebaiknya segera dibersihkan dengan cara menyikatnya. Jangan ditunggu lumutnya sampai basah dan menebal. Karena akan semakin sulit untuk membersihkannya.

Penempatan Pot yang Baik
Umumnya para penanam anggrek selalu meletakan pot –pot anggreknya pada rak-rak atau digantung pada sisi tertentu diteras rumah dengan memakai kawat atau tali yang kuat. Cara meletakkan pot anggrek demikian itu, sangat baik bagi kesehatannya. Dalam keadaan tergantung, berarti pertukaran udara berlangsung lebih baik dan lancar. Tidak hanya melalui dinding pot, tetapi juga lewat lubang didasar pot. Begitu pula halnya bila pot-pot anggrek diletakkan berjejer diatas rak. Namun perlu diperhatikan, agar rak-rak tersebut penampangnya beronnga. Maksudnya, bila penampang rak sebagai tempat pot terbuat dari kayu atau bambu tersebut disusun jarang-jarang, berjarak kira-kira 1,5-2 cm.

Kalau ingin menggunakan kawat kasa atau kawat nyamuk, maka sebaiknya dipilih yang berlubang agak besar. Jika hal itu terasa merepotkan, pot-pot anggrek Anda bisa diletakkan pada tempat tertentu dengan dasar rata alias tanpa rongga. Asalkan pot tidak diletakkan langsung ditanah. Karena jika pot ditaruh langsung diatas tanah kemungkinan besar anggrek akan diserang hama perusak, seperti semut, keong ataupun rayap.

Sementara itu, penyusunan pot sebaiknya jangan terlalu rapat atau berdempetan satu sama lain. Hendaknya diberi jarak barang sedikit, agar sinar matahari dan angin bisa mengenai dinding pot yang berhadapan itu secukupnya. Sehingga pot-pot anggrek tidak cepat lumutan atau jamuran.

Penggantian Pot (Repotting)
Mengganti pot atau memindahkan tanaman anggrek dari pot yang satu ke pot lainnya. Merupakan langkah perawatan yang penting, agar si sanggrek tetap tumbuh dengan baik. Penggantian pot biasanya diikuti dengan penggantian bahan media. Suasananya serba baru walau terkadang pot penggantinya bukan yang benar-benar baru, melainkan yang sudah pernah dipakai. Sedangkan media pengisi pot sebaiknya dipakai yang masih baru, segar dan bersih sehingga dapat merangsang anggrek untuk mengadakan pertumbuhan baru dengan segera.

Langkah-langkah yang dilakukan dalam melakukan repotting antara lain, mempersiapkan pot yang bersih dengan ukuran agak lebih besar dari sebelumnya. Atau kalau Anda ingin sekaligus mempebanyak anggrek, perlu disediakan beberapa pot yang berukuran sama dengan yang sebelumnya. Pot baru atau pot lama sama saja, yang penting bersih.

Bahan media yang baru dan sebaiknya telah direndam dalam larutan pupuk dan fungisida, sedangkan pecahan bata atau genting juga dipersiapkan sebelumnya. Batu-batu tersebut perlu dimasukkan kedalam pot, terutama kalau media yang dipakai berupa pakis atau sabut kelapa. Namun jika media yang Anda pakai adalah arang, maka tidak memerlukannya. Karena sirkulasi udara sudah cukup baik. Satu lagi yang dibutuhkan dalam repotting adalah kawat atau kayu untuk menahan anggrek, supaya bisa berdiri dengan tegak.

Bookmark and Share